Bupati Sampaikan Amanat MENDAGRI, Peringatan Hari OTODA

IMG_0661Bupati Mamuju H.Habsi Wahid sampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) pada  upacara di pelataran Kantor Bupati dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah (OTODA) ke-22 yang jatuhnya tepat pada Tanggal 25 April 2018, dihadiri oleh seluruh perangkat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) kabupaten Mamuju pada Senin 30/04/2018.

Menyampaikan amanat (MENDAGRI), H.Habsi Wahid mengatakan ”menapaki usia ke-22 tahun otonomi daerah dan menyongsong dirgahayu HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, segenap rakyat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga ke Pulau Rote. Dimana cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaran otonomi daerah yang bersih dan demokratis.Itulah kenapa tema peringatan hari otonomi adalah  Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Bersih Dan Demokratis”

Masih terkait amanat MENDAGRI, untuk memastikan penyelenggaraan OTODA yang bersih dan demokratis, pemerintah telah, sedang dan terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya menerbitkan peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Perturan ini memperjelas mekanisme koordinasi antara aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dengan aparat penegak hukum sehingga dalam menangani pengaduan masyarakat, akan dipelajari bersama apakah mengarah pada indikasi korupsi atau kesalahan administrasi agar administrasi tidak menimbulkan pidana.

Terkait inovasi yang merupakan katalisator peningkatan daya saing dan kemajuan perekonomian daerah, pemerintah juga telah menerbitkan peraturan pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Inovasi Daerah bukan hanya mampu menjadi solusi berbagai persoalan di daerah, meningkatkan daya saing daerah, serta gerbang menuju kesejahteraan, tetapi juga menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di Dunia. Selama Inovasi Daerah dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan, Pemerintah dan MENDAGRI menjadi yang terdepan melindungi semua kebijakan inovasi di Daerah.

Menutup amanat MENDAGRI, H.Habsi Wahid menyampaikan 2 peristiwa penting yang akan dilaksanakan di tahun 2018. 1.Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak  pada 27 Juni 2018 di 171 Daerah yang terdiri 17 Provinsi, 115 Kabupaten dan 39 Kota. Dimana pemerintah harus netralitas selama Pilkada mendatang berlangsung. 2Gelaran Asian Games Ke-18 PADA 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 yang berlangsung di Jakarta, Palembang, Lampung, Jawa Barat dan Banten. Sepanjang Asian Games, mata Asia bahkan Dunia akan berpaling ke Indonesia.(HMS SITA)

BAGIKAN