Giliran Emak-Emak Sumare Dapat Bantuan UNDP Dan Yayasan Karampuang

DINAS KOMINFO DAN PERSANDIAN KABUPATEN MAMUJU

PRESS RELEASE

NOMOR : 168/PR/IV/2021/DISKOMINFOSANDI

Giliran Emak-Emak Sumare Dapat Bantuan UNDP Dan Yayasan Karampuang

ACEB95F0-BBE6-43DF-91CD-AE34342C23CEIbarat ketiban bulan, dan tak pernah menyangka sebelumnya, lidia Natalia, ketua kelompok usaha pengelolaan abon ikan “Doa  Ibu” Desa Sumare kecamatan Simboro, mengaku sangat bahagia bisa menerima bantuan berupa peralatan serta kendaraan roda dua untuk menunjang usaha abon ikan yang dirintisnya bersama para emak-emak di desa Sumare Kecamatan Simboro.

5736A564-984D-42E3-89F5-81771C7ACE3BBantuan yang diterima adalah hasil kerjasama antara UNDP dan Yayasan Karampuang bersama Pemerintah kabupaten Mamuju yang diserahkan secara simbolis oleh bupati Mamuju,Hj.Sitti Sutinah Suhardi, dalam kemasan kegiatan yang cukup sederhana, di salah satu rumah warga di desa sumare (Selasa, 14 September 2021)

19189A1D-DA09-4244-9995-E995C18541CEUsaha abon ikan ini baru dua kali berproduksi, alhamdulillah hasilnya cepat laku, kami pasarkan dari rumah-kerumah, saat ini kami menerima bantuan insya Allah produksinya akan kami tingkatkan, kata Lidia,selaku Ketua kelompok usaha “Doa Ibu”.

Atas bantuan berupa mesin produksi modern termasuk satu unit sepeda motor, dipastikan akan semakin membantu para emak-emak yang dominan selama ini tidak memiliki aktifitas tetap untuk lebih produktif.

4E1D6417-8DF9-4922-A868-3B28715900C0Keuntungan dari hasil penjualan, sambung lidia, ternyata juga disisihkan untuk didonasikan pada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Bupati Mamuju Hj.Sitti Sutinah Suhardi, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UNDP dan Yayasan Karampuang atas bantuan yang kembali disalurkan,

“mudah-mudahan ini bisa bermanfaat, dan jangan sampai setelah ini, besok dibagi-bagi atau dijual oleh emak-emak, karena kita mau ini bisa berkembang, dan menjadi sumber usaha andalan di desa Sumare” Kata bupati.

Atas sinergitas yang terbangun bersama UNDP dan Yayasan Karampuang, Sutinah berharap hal itu bisa terus dilanjutkan demi kemajuan masyarakat Mamuju

AFBCA1E6-C625-4220-9723-638025ED909B“Saya tidak akan malu untuk meminta, karena kita memang bukan daerah kaya, sebab itu, sinergitas yang sangat penting untuk kita bangun, dan apapun bantuan yg diberikan kita pasti terima” Kata Sutinah Suhardi.

Direktur Yayasan Karampuang, Ija syahruni, mengatakan, bantuan guna usaha dan bantuan kelompok usaha yang diberikan bersifat stimulasi yang diharapkan dapat dikembangkan oleh penerima, sehingga dapat membantu mendorong kemajuan ekonomi masyarakat yang terdampak atas bencana. Selain telah disalurkan ke desa Sumare, bantuan yang telah disesuaikan dengan potensi usaha di wilayah masing-masing penerima ini juga sebelumnya telah diserahkan di beberapa desa lain, mulai dari desa dungkait kecamatan tapalang barat,  desa botteng utara, lalu di desa Tampalang kecamatan Tapalang.

Penyerahan bantuan di Desa Sumare, semakin membawa kebahagiaan masyarakat, pasalnya dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyaluran bantuan alat perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Mamuju, diantaranya berupa Kapal nelayan, mesin dalam, hingga kendaraan roda tiga.

Ditempat yang sama Bupati juga menyerahkan 285 kartu BPJS kepada warga yang telah ditanggung jaminan kesehatannya oleh pemerintah daerah, sebagai jawaban atas janji politik Bupati dan Wakil Bupati untuk membebaskan biaya kesehatan bagi semua warga mamuju. (Diskominfosandi)

BAGIKAN