KUNJUNGAN BUPATI, BERKAH BAGI NELAYAN TAPALANG BARAT

secara simbolis Bupati menyerahkan bantuan alat tangkap kepada perwakilan kelompok nelayanJumat, 16 September kemarin Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid melakukan safari kerja berkantor sehari di Kecamatan Tapalang Barat. Kunjungan tersebut tentu merupakan berkah tersendiri bagi kelompok nelayan, sebab saat itu Bupati Habsi Wahid secara simbolis menyerahkan batuan alat tangkap kepada nelayan se-Kecamatan Tapalang Barat.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju, H. Syamsul Suddin, bantuan alat tangkap tersebut berupa pukat, mesin kapal baik itu mesin dalam dan mesin tempel seperti mesin katinting dan alat tangkap lainnya. “pukat yang diberikan ini khusus pukat ikan terbang, itu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tapalang Barat khususnya yang berada dipesisir seperti Labuan Rano dan Lebani’.” Sebut Syamsul.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut diserahkan kepada kelompok nelayan, namun setiap anggota dalam kelompoknya dipastikan menerima bantuan. Meski begitu Syamsul mengakui, yang namanya bantuan selalu titak cukup, namun menurutnya ini merupakan bentuk implementasi atas visi Bupati dan Wakil Bupati yang ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Syamsul berharap, pemberian bantuan tidak berhenti di Tapalang Barat saja tetapi dapat berkelanjutan di kecamatan lain.

Kemudian kepada masyarakat yang menerima bantuan, dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebagaimana mestinya. Sementara itu, terkait safari kerja Bupati dan Wakil Bupati, Kecamatan Tapalang Barat adalah kecamatan ke-2 kunjungan safari, kunjungan pertama di Kecamatan Tapalang. Ada yang unik pada safari kedua tersebut, sebab Tapalang Barat merupakan kampung halaman Bupati Habsi Wahid, karena itu saat sambutan Habsi menggunakan bahasa daerah Tapalang Barat.

Ia menyampaikan, kegiatan berkantor sehari di kecamatan dilakukan dengan tujuan mendekatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat. Habsi menjelaskan, apabila ada program dari masyarakat yang belum terealisasi saat musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan), melalui safari kerja tersebut dapat disampiakan ke SKPD terkait. Sebab SKPD merupakan lembaga yang menyusun program dalam forum SKPD sehingga dapat disinkronkan dengan program usulan masyarakat.

Dengan begitu, besar harapannya agar masyarakat dapat berjalan sinergi dan harmonis dengan pemerintah sehingga dapat terjadi percepatan pembangunan. Sekedar diketahui, pada kegiatan safari kerja di Tapalang Barat, Bupati Mamuju menyerahkan bantuan seragam sekolah kepada siswa baru tingkat SD dan SMP se kecamatan Tapalang Barat.

Selain itu, Bupati yang juga selaku Dewan Pembina Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Mamuju juga mengukuhkan Pengurus Cabang Perguruan Silat Kongtau Kab. Mamuju masa bakti 2016-2020. (hms_ Dian Hardianti Lestari)

BAGIKAN