Lapangan Kerja dan Pengangguran

Salah satu fokus utama pembangunan pemerintah yang tertuang dalam nawa cita adalah penciptaan lapangan yang seluas-luasnya. Dengan terciptanya lapangan kerja harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi.
Pada tahun 2015, total penduduk usia kerja (15 tahun ke atas), lebih dari separuh penduduk Kabupaten Mamuju yang termasuk dalam angkatan kerja. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) di Kabupaten Mamuju mencapai 70,06 persen. Angkatan kerja yang terdapat di Kabupaten Mamuju sebanyak 126.363 orang. Dari jumlah tersebut yang mampu terserap oleh lapangan kerja yang tersedia di Kabupaten Mamuju hanya sebanyak 121.587 orang. Dengan demikian masih terdapat 4.776 orang yang belum mampu terserap di pasar tenaga kerja, atau masih terdapat tingkat pengangguran (TPT) sebesar 3,78 persen.
mamuju4Angkatan Kerja yang dapat terserap di pasar kerja di Kabupaten Mamuju terserap pada semua kategori ekonomi dengan persebaran yang cukup bervariasi. Kategori pertanian merupakan kategori yang menyerap tenaga kerja terbanyak di Kabupaten Mamuju yang mencapai 59,10 persen. Banyaknya tenaga kerja yang terserap di kategori pertanian diduga dipicu karena kategori ini menjadi pangsa terbesar dalam menciptakan perekonomian di Kabupaten Mamuju pada tahun 2015

BAGIKAN