Pemkab Mamuju Gandeng Lembaga Mitra

Menindaklanjuti Rapat Koordinasi terkait transisi pemulihan pasca gempa yang digelar beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Mamuju kembali menggelar Rapat Evaluasi dan Rencana Pengaktifan Pokja Koordinasi Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekonstruksi Pemkab Mamuju dan Lembaga Mitra.WhatsApp Image 2021-02-23 at 13.48.20 (1)

Rapat yang digelar pada hari Senin (22/02/2021) menghadirkan Lembaga Mitra yang akan membantu Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam melakukan penanganan pemulihan pasca gempa ke depannya.

WhatsApp Image 2021-02-23 at 13.48.19Pelaksana Harian Bupati Mamuju, H. Suaib, S.Sos, MM menyampaikan ada beberapa tujuan yang akan dicapai dengan dilaksanakannya Rapat tersebut. Diantaranya mengoptimalkan Sinergitas antara masing-masing Lembaga Mitra yang selama ini telah membantu dalam penanganan pasca gempa. Lembaga Mitra disini terdiri dari Lembaga Non Pemerintah, LSM, Relawan dan komunitas.

Suaib juga menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh Lembaga Mitra yang telah membantu dan berkolaborasi dengan Pemerintah dalam penanganan pasca bencana gempa.

Sementara itu, Wakil Koordinator Pengaktifan Pokja Koordinasi, Hajrul Malik mengungkapkan rapat koordinasi yang digelar untuk mengakomodir semua lembaga mitra sesuai dengan potensi lembaga yang dimiliki. Menurutnya dengan terakomodirnya seluruh Lembaga Mitra yang melakukan penanganan pasca gempa, akan lebih memudahkan kerja Bupati dan Wakil Bupati nantinya.

“ini penting mengingat APBD Kabupaten Mamuju sangat terbatas. Terlebih fokus Pemerintah masih pada Penanganan Covid dan penanganan bencana. Jadi dengan adanya bantuan dari rekan mitra ini akan sangat membantu” kunci Hajrul Malik

Untuk diketahui, dalam rapat tersebut disepakati ada tujuh pokja yang akan melakukan kegiatan sesuai penanganannya yakni :

1. Pokja Shelter 17 Lembaga
2. PokjaWash/AMPL 16 Lembaga
3. Pokja Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Berbasis Gender, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Psikosial dan LDR 21 Lembaga
4. Pokja Bantuan Tunai dan Non Tunai 12 Lembaga
5. Pokja Pelibatan Masyakat 13 Lembaga
6. Pokja Pendidikan 6 Lembaga, dan
7. Pokja Kesehatan 11 Lembaga.

(Diskominfosandi – HA)

BAGIKAN