Pendidikan

Kategori pendidikan merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini. Hal ini terlihat dari dituangkannya sektor pendidikan ke dalam salah satu pasal dalam UUD 1945, dimana pada undang-undang tersebut mewajibkan adanya alokasi anggaran hingga 20 persen dalam struktur anggaran belanja pemerintah. Selain gerakan wajib belajar sembilan tahun, salah satu program pemerintah saat ini adalah pemberantasan buta aksara.
5Unsur pendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan diantaranya ketersediaan sarana pendidikan yang memadai dan representatif. Pada tahun 2016, jumlah sekolah yang ada di Kabupaten Mamuju sebanyak 488 unit yang terdiri dari sekolah dasar 327 bangunan, sekolah menengah pertama 92 bangunan, sekolah menengah umum dan perguruan tinggi masing-masing sebanyak 63 bangunan dan 6 bangunan. Untuk kelangsungan proses belajar mengajar diasuh oleh 5.442 guru yang mendidik 68.610 siswa.
Salah satu output dari keberhasilan bidang pendidikan adalah jumah penduduk yang dapat membaca, baik huruf latin, arab maupun huruf lainnya. Pada tahun 2016, kemampuan baca tulis penduduk yang dapat membaca huruf latin sebesar 93,09 persen, huruf arab 20,64 persen, dan huruf lainnya 1,13 persen. Akan tetapi masih terdapat 6,85 persen penduduk yang buta huruf. Kondisi ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait.

BAGIKAN