Penjabat dan Kades Difinitif Miliki Tanggung Jawab yang Sama

_MG_3434Menjadi seorang pemimpin di suatu daerah adalah sebuah jabatan sekaligus amanah yang harus dipertanggung jawabkan nantinya, baik kepada pimpinan,  terlebih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ini diungkapkan, Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, setelah melantik Penjabat Kepala Desa (kades) pada rabu (20/4) di Kantor Kecamatan Tommo.

Pada Kesempatan tersebut, Bupati berpesan agar Penjabat  Kades yang baru saja dilantik  tidak berfikir bahwa mereka hanya Kades Plastik, bersifat sementara bukan definitif dan hanya sekedar penjabat, menurutnya selaku orang nomor satu di tingkat Desa baik hanya Penjabat atau sudah definitif memiliki tanggung jawab yang sama sehingga selama menjabat harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“dalam menjalankan tugas, tidak ada perbedaan antara Kepala Desa Definitif ataupun hanya Penjabat Kepala Desa, karena memiliki tanggung jawab yang sama dimana bertanggung jawab dalam mengembangkan Desa yang dipimpin” tutur Habsi Wahid.

Masih menurut Bupati, selaku Pemimpin Daerah harus mengingat beberapa poin, yang pertama jadilah pelayan masyarakat, selaku pelayan didalam melakukan pelayanan kepada masyarakat tidak memandang perbedaan latar belakang agama ataupun etnis, sehingga masyarakat yang ada di Desa dilayani dengan baik. kedua jadilah panutan selama menjadi Kades  sehingga masyarakat juga bisa mengikuti kebijakan yang akan diterapkan selama masa kepemimpinan selaku orang nomor satu di desa. Yang ketiga mengedepankan kebersamaan, karena dengan adanya kebersamaan maka terjalin komunikasi yang baik antara pemimpin dan yang dipimpin, dan kebersamaan ini juga merupakan salah satu indikator kesuksesan dalam memimpin suatu Daerah.

Untuk diketahui, para Penjabat Kepala Desa yang dilantik antara lain, lima orang dari Kecamatan Tommo, masing-masing Rindu, S.Sos Penjabat Kepala Desa Kalepu, Limbong Saratu, S.Sos Kades Kakullasan, Bernadus, S.Sos Kades Leling Utara, I Komang Wisnu Wardanayasa kades Rante Mario serta Amin Syam, S.IP Kades Saludengen. Dan satu orang dari Kecamatan Kalukku yakni, Safruddin H. menjadi Penjabat Kades Pammulukang. (HMS-Hasran)

BAGIKAN