PR Besar Pemkab Mamuju Pertahankan Predikat Daerah Peduli HAM

_MG_9649Meraih predikat Daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dan telah menerima penghargaan dari Kemenkumham Senin kemarin bersama 259 dari total 514 kabupaten/ kota se- Indonesia yang meraih penghargaan sebagai Daerah Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2019. menjadi motifasi sekaligus PR besar jajaran Pemerintah Kabupaten Mamuju untuk dapat mempertahankannya,

Sebab itu tidak menunggu waktu lama bagian hukum sekretariat Daerah langsung memfasilitasi pelaksanaan rencana aksi dengan melakukan rapat koordinasi dan evaluasi rencana aksi nasional hak asasi manusia (Ranham) untuk mengembangkan sinergitas perangkat Daerah dan instansi vertikal dalam rangka penghormatan pemenuhan, perlindungan dan pemajuan hak asasi manusia khususnya di kabupten mamuju, jelas Kabag Hukum Setdakab Mamuju Nur Idah,SH.

_MG_9652Terkait dengan penghargaan kabupaten/kota pedulu HAM itu lanjut Idah, sangat erat sekali kaitannya dengan pelaporan ranham karena di B012 nilainya sangat mempengaruhi sebagai salah satu indikator untuk penilaian peduli ham dan untuk Kabupaten Mamuju di pengisian B012 itu sudah hijau, ini di buktikan dengan adanya penghargaan dari Kemenkumham, dari 6 kabupaten di Sulawesi barat, Kabupaten Mamuu berhasil menjadi yang paling tertinggi dengan nilai 90,3%, Kata Kepala Bagian Hukum Setdakab Mamuju Nur Idah.

“Ini sekaligus menjadi keseriusan kerja perangkat daerah yang terkait langsung dengan penilaian, karena mempertahankan itu yang paling sulit” ujarnya.

Nur Idah juga berharap, nilai tersebut bisa lebih meningkat, salah satu cara yang bisa di lakukan kata dia, dengan memperkuat sinergitas, melalukan diskusi dan membentuk forum antar semua pemangku kepentingan agar dapat saling mengisi satu sama lain, Tutupnya. (HMS/L)

BAGIKAN