Sekda Mamuju Buka TMMD ke-144 Di Kalukku

Kalukku, 26 juli 2022, Sekretaris daerah kabupaten mamuju, H.Suaib,S.Sos.,MM, secara resmi membuka pelaksanaan program
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tingkat wilayah kodim 1418 mamuju yang dipusatkan kecamatan kalukku.

Pernyataan pembukaan tersebut, disampaikan Sekda mamuju saat didaulat mewakili bupati sebagai inspektur dalam gelaran upacara yang dipusatkan di lapangan lombang-lombang kelurahan sinyonyoi kecamatan kalukku, yang melibatkan ratusan personil upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, hingga bazarnas, perwakilan sekolah serta para kepala lingkungan di wilayah tersebut.

Dalam sambutan tertulisnya, Suaib mengungkapkan dukungan pemerintah daerah terhadap program TMMD yang dinilai mempunyai semangat yang sama dengan visi Mamuju Keren yang didalamnya juga memuat konsep pembangunan terintegrasi sebagaimana marwah dari program TMMD yang dilaksanakan TNI.

Atas nama pemerintah kabupaten mamuju kami sangat merespon baik atas program ini, semoga dengan pelaksanaan TMMD yang ke-114 tahun ini, akan semakin mempercepat dinamisasi pembangunan daerah sebagai bukti komitmen kita atas kecintaan terhadap bangsa dan negara, serta akan menjadi pengejawantahan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, Pungkas Suaib.

Ditempat yang sama, Komandan Kodim 1418 Mamuju, Letkol Inf, M.Imasfy,SE, yang membacakan laporan rencana pelaksanaan kegiatan TMMD ke-114, menyampaikan, terdapat dua sasaran utama atas program TMMD, yakini program fisik dan program non fisik. Adapun uraian rencana kegiatan fisik kata Dandim, berupa pembangunan Gorong-gorong 5 unit, Rabat Beton Panjang 250 m,Plat Duiker 3 unit, Peningkatan Jalan Panjang 100 m,
Pembuatan Toilet MCK 1 unit,
Rehab Masjid Lingkungan Kassa 1 unit, dan
Pembukaan Jalan dan Drainase 1,5 km.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi,
Penyuluhan Wasbang dan Belanegara,
Penyuluhan Pertanian,Penyuluhan hukum,Penyuluhan kamtibmas, dan
Penyuluhan KB Kesehatan, serta Penyuluhan Stunting.
Masih kata Dandim yang sekaligus sebagai komandan Satgas TMMD mamuju, bahwa penganggaran atas kegiatan ini sebesar Rp.1,4 Milyar lebih, yang bersumber dari Komando Atas TNI sebesar Rp. 483 juta lebih, dan selebihnya dari pemerintah daerah kabupaten mamuju senilai Rp. 929 juta lebih.
Direncanakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 26 juli sampai 24 agustus 2022.

BAGIKAN