Berita  

Di Musrenbang Tapalang, Gerak Cepat Penanganan Bencana Jadi Atensi Khusus

Mamuju (8/02/2023) Kecamatan Tapalang mendapatkan giliran ke lima dalam penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju (Musrenbang RKPD) tahun 2023.

Dengan mengusung tema “Keren III Memacu Perkembangan Infrastruktur Dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja Serta Mengurangi Kemiskinan Dan Kesenjangan,” Musrenbang dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan Tapalang, Rabu 8 Februari 2023.

Camat Tapalang, Syawal Muttalib, S. Ag dalam sambutan penerimaan mengulas kondisi Kecamatan Tapalang sebagai area yang paling terdampak bencana alam gempa dan angin puting beliung, serta gelombang pasang juga banjir yang sering mengguncang wilayah Mamuju. “Meski demikian, berkat kebijakan Ibu Bupati menempatkan Lumbung Sosial di Kantor Kecamatan Tapalang, bantuan bisa segera disalurkan setiap ada bencana. Tidak kurang dari 24 jam bantuan sudah sampai ke warga terdampak, sehingga efek bencana tidak begitu terasa. Terimakasih banyak.”

Mewakili Bupati Mamuju, hadir Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, St. Manuara, S. Pd. Membacakan sambutan, St. Manuara menyampaikan pesan penting bupati perihal pentingnya kehadiran semua kepala desa dalam Musrenbang. Hal ini untuk melihat keseriusan kepala desa dalam membangun dan memperbaiki daerahnya, utamanya penggalakan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan penanganan stunting. “Kita semua harus berkolaborasi, bekerja sama sesuai porsi kita masing-masing. Ada dana khusus untuk penurunan stunting yang kami titip lewat Dana Desa. Silakan dimanfaatkan dengan baik.”

Turut hadir juga Kepala Bappeda H. Budianto Muin, serta pimpinan-pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju, di antaranya Dinas Kominfosandi, PTSP, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perkimta, Dinas Perdagangan, serta Sekretaris Kesbangpol. Acara ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital. (Diskominfosandi/RF).