Geografis Mirip, Pemkab Kolaka Tiru Pertanian dan Perkebunan Mamuju

Mamuju (8/03/2023) Dalam rangka Studi Tiru Pengembangan Investasi Perkebunan, Pengembangan Industri Perkebunan dan Agrowisata, Plt. Bupati Kolaka Timur Sulawesi Tenggara, Abdul Azis SH., MH beserta rombongan, menyambangi Kabupaten Mamuju, Rabu 8 Maret 2023. Rombongan tamu yang terdiri dari Plt. bupati, sekda, kepala OPD, staf ahli, juga anggota DPRD dengan jumlah sekitar 40 orang, mengenakan atribut batik sorume atau anggrek serat khas Kolaka Timur, diterima Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si di Kantor Bupati Mamuju, Jl. Soekarno Hatta.

Yang unik adalah bahwa Abdul Azis merupakan putra asli Kabupaten Mamuju yang merintis kiprah karir di provinsi seberang. Diketahui, Azis menempuh pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Dalam sambutannya, Azis mengemukakan alasan pemilihan Kabupaten Mamuju sebagai objek studi tiru. “Studi di Kabupaten Mamuju sangatlah tepat, mengingat kesamaan kondisi geografis yang fokus pada kondisi pertanian dan perkebunan serta rencana pengembangan investasi perkebunan. Pengembangan industri pertanian dan perkebunan di Kabupaten Mamuju sangat baik untuk ditiru dan dikembangkan di Kolaka Timur.”

Bupati Mamuju sendiri menyambut baik kedatangan rombongan dari tenggara Sulawesi ini. Selepas mengucapkan selamat datang, Sutinah menuturkan pujian untuk Plt. Bupati Kolaka Timur sebagai seorang putra daerah yang sukses berkarir di tanah rantau. Sutinah juga menuturkan progres pembangunan Kabupaten Mamuju di sektor pertanian dan perkebunan sebagai bidang prioritas dalam RPJMD lewat implementasi Visi Misi Mamuju Keren. “Hasilnya, berbagai komoditas seperti jagung, padi, dan bawang merah, sudah mengalami perkembangan. Hal ini merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk dukungan Dr. Suhardi Duka, legislator Senayan yang terus menetaskan ide-ide dan bantuan bidang pertanian dan perkebunan bagi petani Mamuju, termasuk alat mesin tani, hingga ke bibit dan pupuknya.”

Bupati Mamuju juga mengulas prestasi Kabupaten Mamuju sebagai daerah dengan tingkat inflasi yang terus menurun sebagai efek domino dari kemampuan daerah menyediakan kebutuhan pangan masyarakat, juga menyebutkan kerjasama dengan Perum Bulog dalam pendistribusian Beras ASN yang merupakan beras premium hasil petani lokal Mamuju.(Diskominfosandi/RF).