Hadiri Festival Sandeq Etape IV Di Mamuju, Mendagri Sebut Ini Bukti Masyarakat Sulbar Petarung

WhatsApp Image 2022-09-05 at 06.19.05Mamuju, 3 September 2022, Festival Sandeq 2022 yang Memasuki etape ke-IV Deking-Mamuju, dihadiri langsung oleh Menteri dalam negeri Prof. Drs. Muhammad Tito Karnavian, M.A.,Ph.,D.
Lewat gelaran malam hiburan bagi Passandeq (Awak perahu sandeq) yang dilakukan di pantai manakarra. Tito karnavian menyebut Sandeq adalah bukti bahwa masyarakat sulawesi barat adalah masyarakat petarung, sebab mereka mampu menerjang kerasnya ombak dan luasnya samudra hanya dengan menggunakan moda transportasi tidak bermesin yang disebut perahu Sandeq.

Inilah yang menginspirasi sehingga saya datang ke sini untuk melihat bagaimana Sandeq itu bisa begitu luar biasa, kata mantan Kapolri ini.

Kedepan saya berharap festival Sandeq ini akan menjadi event nasional dan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia secara luas bagaimana ketangguhan masyarakat sulbar dalam menghadapi semua tantangan, ungkap Tito Karnavian.

WhatsApp Image 2022-09-05 at 06.19.03Dikesempatan yang sama, Bupati Mamuju Hj.Sitti Sutinah Suhardi, mengungkapkan apresiasi dan ungkapan rasa terimakasih kepada Pj. Gubernur Sulbar, DR. Drs,Akmal Malik, M.Si, atas inisiasi pelaksanaan event yang dinilai sangat luarbiasa dan telah dinantikan oleh semua masyarakat sulawesi barat berupa festival Sandeq. Karenanya bupati yang mengusung visi mamuju Keren ini menyampaikan atensi khusus atas kepemimpinan Akmal Malik yang dinilai telah mendorong kemajuan sekaligus kebersamaan semua daerah di provinsi ke-33 Sulawesi barat.

Kepada Pak Mendagri perkenankan saya menitipkan harapan hampir semua masyarakat sulbar agar pak Akmal bisa ditugaskan di sini (Sulbar,red) lebih lama lagi, dan kami juga berterimakasih pada pak menteri karena telah menempatkan orang yang tepat, pungkas Sutinah Suhardi saat mengakhiri laporan atas pelaksanaan Festival Sandeq 2022 etape ke-IV diwilayah kabupaten mamuju.

Untuk diketahui, meski sempat diguyur hujan lebat, namun kegiatan malam hiburan bagi passandeq sebelum akhirnya dijadwalkan menuju ke pulau balabalakang lalu menyeberang ke Kalimantan sebagai titik etape V sekaligus akhir Festival Sandeq yang mengangkat tema Indonesia mendukung IKN, tetap dilaksanakan dengan penuh suka cita ditandai penerbangan lampion dan panggung hiburan.