Berita  

Ikuti Bimtek KPK, Sekdes Kalepu Optimis Jadi Desa Anti Korupsi

Mamuju (6/07/2023) Hasil observasi bakal calon kandidat desa percontohan anti korupsi yang digelar Februari 2023 lalu, menelurkan Desa Kalepu, kecamatan Tommo, sebagai calon kandidat yang akan mewakili Sulawesi Barat berkompetisi di tingkat nasional.

Sebagai langkah lanjutan, Bimbingan Teknis Program Desa Antikorupsi digelar hari ini, Kamis 6 Juli 2023.

Bimtek ini diikuti 70 orang peserta dari Desa Kalepu dengan rincian 35 orang di sesi pertama (khusus untuk perangkat desa) kemudian 35 orang di sesi ke dua (untuk Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pemuda, dan Tokoh Perempuan)
bertemakan “Menciptakan Pemerintah dan Masyarakat Desa Yang Berintegritas Demi Mewujudkan Desa Antikorupsi.”

Mewakili bupati mamuju, sekretaris inspektorat, Muchtar, S. Pd, M. Pd, menyampaikan apresiasi untuk acara ini.
“Dulu kita mengenal istilah korupsi hanya melekat pada pejabat-pejabat besar, tapi sekarang sudah merambah sampai Anggaran Desa.

Program Desa Antikorupsi ini merupakan sebuah langkah yang baik, sebab masyarakat akan bisa menerapkan spirit antikorupsi mulai dari tingkat paling bawah.”

Sekretaris Desa Kalepu sendiri, Lalu Zulkarnain menyampaikan rasa optimis. “Pencapaian ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Mamuju. Kami optimis bisa masuk 10 besar dari 22 desa yang bersaing di tingkat nasional.

Friesmount Wongso, perwakilan KPK RI menuturkan bahwa selepas Bimtek ini, akan segera diadakan penilaian meliputi lima indikator, yakni penguatan tata laksana, penguatan wawasan, penguatan kualitas layanan publik, serta penguatan partisipasi masyarakat dan kearifan lokal. (Diskominfosandi/RF).