Masuk 100 Besar KEN 2022, Pembukaan Manakarra Fair Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno

Masuk 100 Besar KEN 2022, Pembukaan Manakarra Fair Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno

Mamuju (14/07/2022) Pembukaan Manakarra Fair berlangsung meriah pada Kamis, 14 Juli 2022. Kegiatan ini lahir dari kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju dengan disupport langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia melalui Kharisma Event Nusantara 2022.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Farid Wajdi, M. Pd menyatakan bahwa Manakarra Fair merupakan event promosi pariwisata Sulawesi Barat yang masuk ke dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara 2022 yang menandai kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Barat. Tema The Window of Promotions menitikberatkan pada promosi berbagai produk pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal masyarakat Sulawesi Barat.

Hadir langsung dalam pembukaan Manakarra Fair, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno. Sandiaga yang malam tadi mengenakan atasan bermotif tenun khas Kalumpang marilotong Sekomandi rancangan Syane Verdianto Bitticaca (Ketua Bhayangkari Sulawesi Barat), menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap pelaksanaan Manakarra Fair 2022. “Saya menyampaikan selamat hari jadi untuk Kabupaten Mamuju ke 482. Saya juga berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk PJ. Gubernur Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Mamuju. Manakarra Fair adalah momen kebangkitan, meski pandemi ini berat sekali, belum lagi ditambah gempa bumi. Tapi alhamdulillah hari ini kita melihat bahwa tatanan ekonomi baru sudah mulai kita ciptakan.”

Sandiaga juga memuji Manakarra Fair yang berhasil masuk ke dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara 2022. “Nggak gampang loh, masuknya. Penilainya kurator-kurator dari luar negeri. Sebagai orang yang pernah terlibat di dunia usaha swasta melewati berbagai krisis, saya melihat even ini bukan hanya beautifikasi, tapi mengedepankan aspek unique selling point, sustainability serta inclusivity.”

Dalam acara ini turut berlangsung launching Kartu Mamuju Keren (KMK) oleh Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si . KMK merupakan salah satu program unggulan dalam pemerintahan Tina-Ado yang akan memudahkan masyarakat perihal basis data kesehatan, pendidikan, pertanian, perikanan dan kelautan, sosial dan bidang kependudukan, dll.

Acara ini dihibur oleh penampilan 100 anak yang membawakan Tari Pakanjilong dari Pulau Karampuang, serta penampilan dari band Nilam Star dan The Manakarra. Manakarra Fair akan berlangsung dari 14 hingga 16 Juli 2022 dengan beragam rangkaian acara. Mulai dari pameran UMKM, pameran ekonomi kreatif lokal, hingga city tour Explore Karampuang. (Diskominfo/RF).l