Berita  

Menang Tak Menang Sebagai Desa Anti Korupsi, Kalepu Dinilai Telah Sangat Keren Dan Membanggakan

Mamuju, 20 Oktober 2023, Perjuangan desa Kalepu untuk meraih predikat desa anti korupsi sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memasuki babak akhir.

Satu-satunya wakil Sulbar pada ajang nasional ini dipastikan telah menuntaskan sejumlah nilai-nilai anti korupsi dalam pelaksanaan pemerintahan desa.
Meski mendapat lima belas catatan dari tim penilai yang di sampaikan pada kegiatan pengumuman kemarin, namun desa yang terletak di kecamatan Tommo kabupaten mamuju ini dinilai telah sangat Keren dan membanggakan.
Betapa tidak, lomba yang telah berlangsung sejak tahun 2022 tersebut, tahun ini di ikuti puluhan ribu desa dari 22 provinsi se indonesia,terang inspektur Inspektorat, Muhammad Yani, yang di konfirmasi usai kegiatan.
Ia menambahkan, sesungguhnya poin utama dari lomba ini bukan terletak pada predikat yang akan diraih, melainkan sejauh mana pemerintahan desa mampu mengaplikasi nilai-nilai anti korupsi dan pelibatan masyarakat dalam menjalankan tata kelola pemerintahan di tingkat desa, sehingga dapat membangun kesadaran kolektif terhadap upaya memerangi prilaku korupsi.
Yani mengungkapkan, telah membangun kesefahaman bersama Dinas PMD sebagai leading sektor yang menaungi pembinaan desa, telah disepakati desa Kalepu akan dijadikan role model bagi semua desa di kabupaten mamuju bahkan sulawesi barat dalam hal mereplikasi penerapan desa anti korupsi.
Sekretaris desa kalepu, Lalu Zulkarnain, dalam group whatshap bimtek desa kalepu yang juga di isi para pendamping dari KPK, menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu desa kalepu untuk mengikuti lomba desa anti korupsi. Menurutnya, pencapaian yang telah dirasakan tidak terlepas dari bantuan dan semangat dari semua komponen yang terus bahu membahu mewujudkan apa yang telah dipersyaratkan.
Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam penilaian yang berlangsung secara hibryt se indonesia pada kamis kemarin, rencananya pengumuman hasil lomba akan diketahui pada akhir bulan november mendatang yang akan diumumkan secara resmi oleh KPK.