MEYIAPKAN MASYARAKAT GO DIGITAL MELALUI PEMBINAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT(KIM)

DINAS KOMINFO DAN PERSANDIAN KABUPATEN MAMUJU

PRESS RELEASE

NOMOR : 34/PR/IV/2021/DISKOMINFOSANDI

MEYIAPKAN MASYARAKAT GO DIGITAL MELALUI PEMBINAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT(KIM)

153A2C22-855E-40FF-9E61-CE978B2AD3D7 Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Kominfo danPersandian Kabupaten Mamuju setiap tahunnya terus melakukanpembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Sampaidengan Maret 2021, telah terbentuk 121 KIM di masing-masingDesa/Kecamatan. Dan masih ada 10 Desa yang belum terbentuk.

Pada Senin, 12 April 2021 kemarin, Dinas Kominfo kembalimelakukan sosialisasi dan pembinaan KIM. Kali inidilaksanakan di Desa Tapandulu, Kecamatan Simboro, bekerjasama dengan Pemerintah Desa setempat.

C0C25BBC-AF5D-4007-89EE-8F74E9F7C7C0Materi yang diberikanmenyangkut kesiapan KIM untuk GO DIGITAL yang dibawakan oleh Shalahuddin dari PANDU DIGITAL dan RTIK SULBAR, kepatutan dan bijak menggunakan media social menjelang bulan Ramadhan bersama Ustadz Nur Salim Ismail, serta Program Kegiatan Pemkab di 100 hari pertama Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati oleh Ita sari Darmawati, Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju.

Ita, sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa disetiap Desa dan Kecamatan tempat pelaksanaan sosialisasi, selalu ditemukan masalah dan keluhan yang sama, yaitukesulitan masyarakat dalam mengakses informasi kegiatan  dankinerja Pemerintahan.

“Banyak masyarakat, khususnya generasi muda yang sudahmampu mengakses internet. Sayangnya lebih banyak digunakanhanya untuk mengakses media sosial saja, tidak dimanfaatkanuntuk mengakses informasi. Ditambah lagi kurangnya produkinformasi yang disebar ke masyarakat terkait hasil-hasilpembangunan dan kinerja Pemerintahan. Ini merupakankekurangan kami yang masih terus dibenahi,” aku Ita.

“Kita tidak akan bisa mewujudkan masyarakat Mamuju yang GO DIGITAL bila tidak disiapkan dari sekarang. LiterasiInformasi inilah yang coba kami bangkitkan melalui kelompok-kelompok Informasi Masyarakat yang ada di Kabupaten Mamuju,” sambung Ita.

Sementara itu, Abdul Rasyid, Sekretaris Pemerintah Desa, menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. “Kamiberharap kegiatan ini masih berlanjut lagi. Karena banyak anak-anak muda di Desa kami ini yang ingin serius belajar bagaimanamemanfaatkan media social untuk menjual produkdagangannya. Kami juga berharap ada perhatian dari Ibu Bupatiuntuk pembinaan UMKM di Desa Tapandulu ini, “ pungkasRasyid. (DISKOMINFOSANDI – RM)