Pemantaun Pilkades oleh Kadis Kominfosandi Di Kec. Tommo

DINAS KOMINFO DAN PERSANDIAN KABUPATEN MAMUJU

PRESS RELEASE

NOMOR : 236/PR/IV/2021/DISKOMINFOSANDI

Pemantaun Pilkades oleh Kadis Kominfosandi Di Kec. Tommo

76421B43-2746-4EB5-A024-7311561925E6Pemilihan kepala desa (Pilkades)  Kab Mamuju dilaksanakan serentak ditiap kecamatan. Salah satunya di kecamatan Tommo desa Tammemongga yang dihadiri dan dipantau langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kab. Mamuju Drs. H. Tonga, M.AP pada Rabu, 22 Desember 2021. Dalam pemantauan di TPS mantan Asisten I Bidang Pemerintahan menitipkan pesan kepada masyarakat  bahwa siapa yang terpilih nanti menjadi kepala Desa Tammemongga itulah yang terbaik hasil pilihan masyarakat dan diharapkan tidak ada gesekan antar pendukung masing-masing kandidat.

Ketua BPD Desa Tammemongga, Yunus mengatakan bahwa pemungutan suara dimulai pada pukul 7.00 serentak di 5 TPS dengan syarat  pemilih membawa surat panggilan dan bukti telah divaksin covid 19, adapun perhitungan suara dilaksanakan pukul 13.00. Berikut jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) ditiap TPS :

– TPS 1 meliputi Dusun Pantaraan dan Dusun Waituo sebanyak 356 orang

– TPS 2 meliputi Dusun Kampung Baru sebanyak 172 orang.

– TPS 3 meliputi Dusun Tammemongga dan Dusun Salassang sebanyak 198 orang.

– TPS 4 meliputi Dusun Salumadining dan Kampung Mandar sebanyak 260 orang.

– TPS 5 meliputi Dusun Sibela sebanyak 196 orang.

Berdasarkan surat edaran Bupati Mamuju salah satu syarat untuk memilih kepala desa, harus menyertakan surat keterangan sudah vaksin oleh karena itu telah disiapkan pos pelayanan.

Kepala Puskesmas Tommo  I. Nyoman S. mengatakan, capaian vaksin covid 19 di wilayah Desa Tammemongga telah mencapai kisaran 80% dari 8 Dusun disiapkan 4 pelayanan vaksin dan terdapat 18 orang yang teregistrasi belum melakukan vaksinasi, dan diarahkan ke pos pelayanan. Hanya 6 orang berhasil divaksin dan sisanya belum dapat melakukan vaksinasi karena faktor kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.

Dari pemantauan Kadis Kominfosandi  diperoleh hasil perhitungan suara yang diperoleh dari tiap TPS sebagai berikut :

Calon Kepala Desa

1. Arafit, AMD (154 suara)

2. Muhammad Nur (315 suara)

3. Karnila (162 suara)

4. Andu Salam (175 suara)

Dari hasil perhitungan tersebut, Muhammad Nur memperoleh suara tertinggi, yang juga merupakan incumbent. Selama pelaksanaan Pilkades terpantau aman dan kondusif.(Diskominfosandi/M)