Peringati Hari Disabilitas, Sutinah Janjikan Pemerintahan Yang Lebih Inklusif

DINAS KOMINFO DAN PERSANDIAN KABUPATEN MAMUJU

PRESS RELEASE

NOMOR : 234/PR/IV/2021/DISKOMINFOSANDI

Peringati Hari Disabilitas, Sutinah Janjikan Pemerintahan Yang Lebih Inklusif

74D2A7D8-8E48-442B-B0C5-4C808CC60E7A(21 Desember 2021), Menghadiri peringatan hari disabilitas internasional tingkat kabupaten mamuju yang dimotori oleh lembaga YAKKUM dan Gema Difabel, Bupati mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, memastikan pemerintahan yang dipimpinnya bersama wakil bupati akan lebih memperhatikan kaum difabel, baik dari aspek kebijakan sampai pada kesempatan yang sama kepada mereka yang memiliki keterbatasan fisik dan mental.

A7D48B70-A454-4FAA-88F2-98474D23942BVisi Mamuju Keren harus memuat kebijakan yang lebih inklusif atau memperhatikan kaum disabilitas, sehingga tidak ada diskriminasi terhadap saudara-saudara kita para difabel, kata Sutinah dihadapan peserta kegiatan yang dilaksanakan di halaman rumah adat mamuju.

Mengaktualisasi penyampaiannya, Sutinah bahkan mengaku akan berupa mengakomodir para penyandang disbilitas untuk bekerja sebagai tenaga honorer daerah.

4C1F16E0-A137-4E84-B810-B313D05D764ASelain itu, kata bupati, berbagai sarana dan prasarana pemerintah daerah juga telah didorong agar ramah difabel, bahkan Sutinah secara spesifik juga menyinggung sarana dermaga pulau karampuang yang dijanjikan akan memberi kemudahan kepada para penyandang disabilitas, sehingga mereka juga merasakan akses maupun kenyamanan fasilitas tersebut.

Semua OPD juga telah saya arahkan untuk membuka akses dan fasilitas kepada saudara-saudara kita para difabel, dan kalau ada diantara kita nanti yang merasa ada diskriminasi pada layanan OPD pemkab mamuju, laporkan pada saya, pasti akan saya tindak, tegas Sutinah Suhardi.

Ketua Gema difabel kabupaten mamuju Syafaruddin Syam, sangat mengapresiasi atas dukungan dari pemerintah kabupaten mamuju yang baru dirasakannya saat ini, ia mengaku hal tersebut akan dapat memberi motivasi kepada para penyandang disabilitas di kabupaten mamuju.

2093A27A-7C06-492F-BF19-508A056DE50ATerlepas dari itu, dalam acara peringatan Hari Disabilitas yang mengakat tema “kepemimpinan dan partisipasi difabel menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca covid-19” Juga diwarnai penampilan teaterikal dari Yayasan Karampuang, yang sontak membawa haru para penonton, karena dalam penampilannya mereka memperlihatkan bagaimana tekanan dan diskriminasi yang masih kadang dirasakan oleh para kaum disabilitas.(Diskominfosandi)