Petugas Kebersihan Elus Dada, Jalan Poros Simbuang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

DINAS KOMINFO DAN PERSANDIAN KABUPATEN MAMUJU

PRESS RELEASE

NOMOR : 173/PR/IV/2021/DISKOMINFOSANDI

Petugas Kebersihan Elus Dada, Jalan Poros Simbuang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

970B224E-AFCE-44BF-97DE-322BB6105DB4Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Mamuju hanya bisa mengelus dada, karena untuk kesekian kalinya mereka kembali harus menambah rute melakukan pembersihan di area jalan poros lingkungan simbuang kelurahan simboro yang telah cukup lama dijadikan tempat pembuangan sampah oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sampah yang ditumpuk ditepi jalan dirasakan telah sangat mengganggu warga dan pengguna jalan, selain karena bau tak sedap, sampah yang kadang meluber hingga ke badan jalan juga menjadi pemandangan yang kurang mengenakkan karena area tersebut adalah jalan utama antar provinsi.

B443BBA0-162F-410F-922F-3EC68C9CB3C9Entah sudah berapa lama kebiasaan orang yang membuang sampah ditempat itu, kata Syamsul selaku pengawas lapangan petugas kebersihan DLHK mamuju, ia mengaku telah berulangkali menyampaikan bahkan membuat pengumuman berupa baliho di area tersebut untuk tidak dijadikan area pembuangan sampah, pernah juga disediakan kontainer khusus diarea tersebut namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena masih saja sampah dibuang justru disekitar kontainer.

“habis dibersihkan ini hari, datangmki liat dua tiga hari pasti banyak lagi (sampah) disini” Kata dia dengan nada heran, bercampur pasrah.

9082507C-04DC-4C53-991B-85E7E159D671Ia sangat berharap, agar warga lebih sadar karena persoalan sampah ini tentu tidak cukup jika hanya dibebankan kepada petugas kebersihan yang jumlah armada dan personilnya cukup terbatas, namun demikian Syamsul memastikan, petugas kebersihan akan senantiasa memberikan pelayanan jika warga telah menyediakan tempat sampah disekitar rumah masing-masing dengan memenuhi kewajiban iuran yang telah ditetapkan.

Kami itu melayaniji juga sampai ke salupangi dan sekitarnya, kalau masuk lorong ada juga motor tiga roda, jadi janganki buang sampah di pinggir jalan begini, kasihan orang disekitar sini, setengah mati juga kasian petugas kebersihan, harap Syamsul.

Selain menambah rute di area simbuang, petugas kebersihan DLHK mamuju juga menambah jam bekerja tiap dua kali seminggu untuk membersihkan area jalan arteri yang juga masih sering terlihat kumuh akibat kesadaran masyarakat sering membuang sampah dengan sembarangan di jalur jalan dekat pantai mamuju tersebut.(Diskominfosandi)