SDK Serahkan Bantuan Bioflok Untuk Kelompok Budidaya Ikan Di Kalukku

Mamuju (17/07) 2022) Sebagai bentuk sinergitas antara anggota DPR RI Dr. Suhardi Duka dengan Balai Perikanan Air Tawar dalam upaya pengembangan usaha perikanan melalui metode bioflok, sejumlah bantuan diserahkan kepada 5 kelompok usaha budidaya perikanan. Acara berlangsung di Desa Beru-Beru, Minggu 17 Juli 2022.WhatsApp Image 2022-07-17 at 21.16.34 (1)

Kelompok usaha budidaya ikan yang menerima bantuan antara lain adalah Kelompok Perikanan Karya Bersama, Kelompok Perikanan Kirto Muliyo, Kelompok Perikanan Binanga Maju, Kelompok Perikanan Tani Satria, serta Pokdakan KSM Tegar Mandiri Grup.

WhatsApp Image 2022-07-17 at 21.16.37Acara turut dihadiri Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si dan Ketua DPR Provinsi Sulawesi Barat St. Suraidah Duka. Dalam sambutannya, Bupati Mamuju mengungkapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dr. Suhardi Duka atas perhatian yang tak henti-hentinya tercurah untuk masyarakat Kabupaten Mamuju. “Ini perlu kita syukuri, sebab ada 3.000 lebih proposal yang masuk, tapi tidak semuanya lolos. Kita berhasil mendapatkan bantuan berkat perjuangan Pak SDK. Semoga bantuan bioflok ini betul-betul dimanfaatkan dan bisa membawa dampak positif bagi usaha perikanan bapak-bapak sekalian.”

Senada dengan Sutinah, Dr. Suhardi Duka juga menitipkan pesan yang sama. “Tahun ini saya mengalokasikan sekitar 10M untuk Sulawesi Barat. Hari ini kita memberikan bantuan bioflok untuk budidaya lele. Semoga bisa dikelola dengan baik.”

Prinsip kerja bioflok adalah mengubah senyawa organik dan anorganik yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen menjadi massa lumpur atau sludge. Cara ini didapatkan dengan menggunakan bakteri pembentuk flok yang memiliki sifat biopolymer polihidroksil alkanoat sebagai ikatan bioflok tersebut. (DiskominfoSandi/RF).