Berita  

Sekda Minta Stakeholder Kesehatan Tingkatkan Standar Pelayanan Minimum

Mamuju (17/04/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju menggelar Pertemuan Penyusunan Data Sasaran Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (SPM-BK) Tahun Anggaran 2023 di Hotel Yaki, Senin 17 April 2023.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju, H. Suaib, S. Sos, MM yang dalam sambutannya juga mengulas harapannya, semoga dengan pertemuan ini, rumusan dalam upaya meningkatkan persentase SPM-BK Tahun 2023 sebagai kewajiban pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan dapat diwujudkan. “Sebab dari laporan yang saya terima, persentase SPM-BK tahun 2022, pencapaian kita sesungguhnya telah berada di atas 70%, tetapi angka tersebut belum mencapai target 100%. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita, sebab dari perubahan regulasi yang cukup mendasar di mana standar pelayanan minimal telah mengacu pada Permenkes No. 43 tahun 2016.

“Mengamini pernyataan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana, Firmawati Sewang, SE menyampaikan bahwa pertemuan hari ini mengundang sebanyak 66 orang peserta yakni 46 Kepala Puskesmas, 23 Pengelola SPM, serta 20 orang dari Dinkes Kabupaten Mamuju. “Kami mengundang teman-teman dari Puskesmas untuk duduk bersama, salah satunya untuk menetapkan metode tata cara penentuan sasaran SPM-BK, yang merujuk pada Permenkes No. 4 tahun 2019 ada 2 cara yakni: menggunakan data estimasi/proyeksi, dan juga menggunakan data riil yang disahkan oleh pimpinan daerah.” (Diskominfosandi/RF).