Siap-Siap! Manakarra Tower Akan Disulap Menjadi Perpustakaan Megah

Mamuju (09/03/2023) Manakarra Tower akan disulap menjadi perpustakaan canggih nan megah; gagasan ini diutarakan Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Mamuju, Kamis 9 Maret 2023. “Hal ini terkait dengan Peraturan Menteri Keuangan No 212 atau PMK 212 yang memerintahkan agar anggaran daerah difokuskan untuk dua bidang yakni kesehatan dan pendidikan. Khusus untuk pendidikan, saya ingin membangun perpustakaan canggih berbasis digital di Kabupaten Mamuju. Anggarannya belasan milyar, insya Allah akan jadi yang terbaik dan terbesar di Sulawesi Barat, mohon doa nya bapak-ibu,” tutur Sutinah disambut tepuk tangan meriah hadirin di Aula Serbaguna Kantor Bupati Mamuju.

Lebih jauh Bupati Mamuju menuturkan bahwa perpustakaan megah ini akan dibangun di lokasi yang tadinya akan dibanguni landmark Mamuju (eks Manakarra Tower). Gagasan pembangunan landmark ini kemudian dimentahkan dengan pertimbangan geografis Kabupaten Mamuju sebagai daerah rawan bencana gempa. “Saya mau ketika nantinya masyarakat kita berkunjung ke pantai, tidak hanya menikmati suasana pantai dan anjungan, tapi juga bisa mengajak keluarganya berwisata edukasi ke perpustakaan yang akan berbasis digital.”

Musrenbang RKPD sendiri merupakan musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan. (Diskominfosandi/RF).