Berita  

Sutinah Sebut Penghargaan Dari Kemenag RI jadi Motivasi

Mamuju, 3 Januari 2023, Hari amal bhakti (HAB) kementrian agama RI ke 77 diperingati dengan meriah di tingkat kementrian agama provinsi sulawesi barat.

Menariknya, dalam agenda tersebut, sejumlah nama di daulat menerima penghargaan dari Kementerian agama Republik Indonesia yang diserahkan melalui Kakanwil Kemenag Sulbar, Syafrudin Baderung.

Mereka adalah Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi, Kepala Biro Tapem dan Kesra Sulbar, Moh. Saleh Rachim, serta Ketua PHBI Mamuju H. Muh. Rusli Muis.

Terkhusus bagi bupati mamuju, ia menerima penghargaan atas dukungan dan partisipasi pada program keagamaan dan kerukunan umat beragama di provinsi sulawesi barat.

Terhadap penghargaan tersebut, mendapat apresiasi besar dari Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) kabupaten mamuju.
Lewat ketuanya, H. Usman, S.Ag.,M.A.g, menilai sosok Sutinah Suhardi memang sangat layak untuk menerima penghargaan sekaitan pengembangan nilai moderasi beragama di daerah ini.

Kepala seksi bimas islam Kementerian agama kabupaten mamuju ini, menggambarkan kepedulian bupati mamuju dalam hal pembinaan keagamaan terlihat memang sangat intens dan benar-benar dirasakan menyeluruh, sebab Sutinah dinilai tidak pernah membeda-bedakan antar semua pemeluk agama yang ada di wilayah yang dipimpinnya.
Alhasil, kata Usman, saat ini kabupaten mamuju tetap dalam suasana kondusif dengan tingkat toleransi beragama yang semakin baik.
Ia berharap, atas penghargaan yang telah diterima dari kemenag RI, akan terus memotivasi bupati mamuju untuk membawa daerah ini menjadi pilot project sebagai daerah dengan nilai-nilai moderasi beragama yang akan dapat dicontoh daerah lain.

Sementara dari sudut pandang berbeda, Sekretaris FKUB Kab. Mamuju, Anton Ranteallo, SS, M.Pd, mengatakan, meski belum melakukan analisis mendalam atas penghargaan yang diterima bupati mamuju, namun ia menilai atensi berupa penghargaan dari Kemenag RI tentu telah menjadi gambaran atas upaya bupati mamuju yang terus mendorong nilai-nilai moderasi beragama melalui aktualisasi salah satu dari visi mamuju keren yang di gaungkan pemerintah kabupaten mamuju telah membuahkan hasil.

Terpisah, bupati mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi, menyampaikan rasa terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh kementerian agama Republik Indonesia.
Ia mengatakan, penghargaan tersebut adalah salah satu bentuk atensi publik terhadap komitmen pemerintah daerah dalam mendorong berbagai program keagamaan serta upaya menciptakan dan menjaga nilai-nilai moderasi beragama.

Secara teknis, Sutinah menggambarkan, keberhasilan dalam menjaga kondusifitas yang terbangun dari nilai-nilai toleransi beragama juga tidak terlepas dari dukungan dan sinergi bersama dengan berbagai pemangku kebijakan, serta semangat yang begitu besar dari semua organisasi keagamaan, sehingga apa yang dirasakan saat ini adalah buah dari kerja keras bersama.

“Semoga dengan penghargaan ini, akan menjadi motivasi yang baik untuk kita semua, agar senantiasa menjaga nilai-nilai moderasi beragama sehingga mamuju dapat terus menjadi daerah yang Keren, didukung rasa aman dan damai” Pungkas Sutinah Suhardi.

IMG-20230104-WA0026IMG-20230104-WA0027

IMG-20230104-WA0028