Berita  

Tegas Di Tommo, Bupati Mamuju: Desa yang Kadesnya Alpa Musrenbang Jangan Diprioritaskan!

Mamuju (6/02/2023) Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju (Musrenbang RKPD) tahun 2023 memasuki hari ke tiga. Kali ini giliran Kecamatan Tommo yang dikunjungi Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi untuk melangsungkan agenda yang bertemakan “Keren III Memacu Perkembangan Infrastruktur Dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja Serta Mengurangi Kemiskinan Dan Kesenjangan.”

Disambut Camat Tommo Robert Budiman, AMK beserta jajaran, acara berlangsung di pelataran Kantor Camat Tommo, Senin 6 Februari 2023. Dalam sambutan penerimaannya, Robert mengumpamakan Kecamatan Tommo sebagai raksasa yang sedang tertidur, penanda banyaknya potensi yang terpendam dan siap dieksplorasi. Dan untuk itu, ia mengungkapkan terimakasih yang besar kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam hal ini Bupati Mamuju, yang pada 2023 ini mencurahkan perhatian yang cukup besar kepada pembangunan Kecamatan Tommo. “Alhamdulillah, berkat Ibu Bupati, terimakasih banyak tahun ini sudah menganggarkan sekitar 8M untuk pembangunan dan masyarakat Tommo. Anggaran ini merata terserap ke 14 desa, mengintervensi sektor pendidikan, fasilitas ibadah, fasilitas kesehatan serta infrastruktur jalan. Total ada 69 kegiatan.”

Bupati Mamuju sendiri, seusai menyerahkan 1 unit ambulans untuk Desa Leling dan membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Tommo, menyatakan sikap tegas dalam sambutannya. “Saya tidak mau bapak ibu menganggap Musrenbang ini hanya formalitas atau penggugur kewajiban. Ini pertemuan penting yang akan menentukan arah kemudi pembangunan daerah kita. Coba angkat tangan kepala desa mana saja yang hadir? Kepala desa mana yang tidak hadir? Itu yang kepala desanya alpa, pak camat, jangan dijadikan prioritas dalam pembagian anggaran! Tidak elok ketika bupati saja hadir, kepala OPD hadir, karena kita ingin melihat langsung permasalahan yang ada di masyarakat dan solusi yang bisa kita berikan, tapi kepala desanya malah tidak ada.”

Sutinah juga kemudian menekankan pentingnya komunikasi yang efektif antara perangkat desa dengan kepala desa, dengan camat, juga dengan bupati dan pemerintah daerah. “Saya banyak dapat keluhan tentang komunikasi yang kurang baik antara pemerintah desa dengan kecamatan. Komunikasi itu kunci sinergi. Saya harap kita semua bisa terus bersinergi dalam membangun daerah kita bersama. Contoh yang baik sudah ditunjukkan oleh Pak Desa Leling, yang sering datang bersilaturahmi ke saya. Menyudahi sambutannya, Bupati Mamuju menitipkan pesan kepada Camat Tommo untuk menginventarisir dengan baik seluruh aset Pemerintah Kabupaten Mamuju di Kecamatan Tommo. “Saya sudah mengalokasikan anggaran untuk sertifikat aset yang belum ter inventarisasi.”

Salah satu peserta Musrenbang yang hadir, Mustamin S. Pd, M. Pd Kepala Sekolah SMP 2 Tommo, yang tahun lalu sudah mendapatkan jatah bantuan untuk rehabilitasi sekolah, menyatakan sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Mamuju. “Proses belajar mengajar jadi lebih efektif sebab siswa juga bisa belajar dengan nyaman, semoga teman-teman yang tahun ini dapat bantuan juga bisa merasakan manfaatnya.” (Diskominfosandi/RF).